KAL RAJEGWESI II-V-40 LAKSANAKAN PENGAMANAN LAUT DALAM RANGKA GLADI TUGAS TEMPUR (K-2) SATKOPASKA KOARMADA II DIPERAIRAN SELAT BALI.

BANYUWANGI – jurnalpolisi.id
Dalam rangka mendukung kegiatan Gladi Tugas Tempur Tingkat II (K2) “Cantoka Sena Yuda Jalakaca” yang diselenggarakan oleh Satkopaska Koarmada II (Satuan Komando Pasukan Katak Komando Armada II), KAL Rajegwesi II-V-40 yang dikomandani oleh Kapten Laut (P) Kuntri Prehanto melaksanakan pengamanan laut terhadap kegiatan Satkopaska Koarmada II yang dilaksanakan di Pulau Tabuhan dan disekitar Perairan Selat Bali, Selasa (24/05/2022).

Kegiatan dimulai dengan terjun tempur free fall menggunakan Pesawat Cassa TNI AL U-6207, kemudian melaksanakan pendaratan dipantai Bangsring dengan menggunakan sekoci karet selanjutnya pasukan elit TNI AL ini melanjutkan kegiatan operasi berikutnya di Hutan Selogiri Banyuwangi.

Dalam keterangannya Dansatkopaska Koarmada II selaku Papelat Kolonel Laut (P) Agus Wido Kristanto, M. Tr. Hanla, M.M. menjelaskan, “Gladi Tugas Tempur Tingkat II (K2) yang dilaksanakan Satkopaska Koarmada II berdasarkan perintah dari Panglima Koarmada II yang memerintah Satkopaska Koarmada II untuk melaksanakan latihan, materi yang akan dilaksanakan merupakan materi pengembangan melalui infiltrasi penerjunan yang dilanjutkan dengan operasi lanjutan yang dilaksanakan di Pulau Tabuhan, Bangsring dan dihutan Selogiri.

“tuntutan yang harus diberikan kepada prajurit Satkopaska Koarmada II yang melaksanakan latihan adalah agar memahami proses koordinasi, pengembangan RO (Rencana Operasi) dan PO (Perintah Operasi) sehingga bisa diaplikasikan dalam operasi yang sebenarnya dan latihan ini berlangsung selama 10 hari dan merupakan latihan sejak tidak parsial dan bersambung keseluruhannya dilaksanakan secara mobile”, jelas Dansatpaska Koarmada II.

Sementara itu ditempat terpisah Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori mengatakan,
“menindaklanjuti perintah Pangkoarmada II yang memerintahkan Satkopaska Koarmada II untuk melaksanakan Gladi Tugas Tempur Tingkat II (K2), Lanal Banyuwangi ikut serta mendukung kegiatan latihan tersebut dengan melaksanakan pengamanan laut disekitar Perairan Selat Bali yang digunakan sebagai daerah operasi latihan dengan menggunakan KAL Rajegwesi II-V-40, diharapkan kegiatan latihan ini berjalan dengan aman dan lancar”, ungkapnya.

“kegiatan pengamanan laut yang dilaksanakan KAL Rajegwesi II-V-40, selaras dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, “tingkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan sistem armada terpadu yang memiliki daya gerak dan daya tempur tinggi”, pungkas Danlanal Banyuwangi.

( Joko JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *