Dandim 0825 Tinjau Pos Pantau Raung Vulcano Observatory di Desa Mangaran Kec Songgon, Banyuwangi.

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Dengan meningkatnya aktifitas vulkanik Gunung Raung beberapa hari yang lalu, Dandim 0825/Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadan, M.Tr. (Han) bergegas mendatangi Pos Pantau Raung Vulcano Observatory dalam rangka meninjau secara langsung perkembangan aktivitas Gunung Raung di Dusun Mangaran Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Jum’at (29/07/2022).

Sesuai dengan surat Edaran Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Badan Geologi No : 380.Lap/GL.05/BGL/2022 yang dikeluarkan oleh Kepala Badan Geoligi Status Gn Raung naik dari level 1 (normal) ke level II (Waspada).

Setibanya di Pos Pantau Gunung Raung Dandim 0825/Banyuwangi langsung disambut oleh Bapak Mukijo (Kepala Petugas PVMPG Desa Mangaran), beliau langsung menuju ruang monitor. Dandim melihat langsung data yang dihimpun petugas vulkanologi.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Mukijo sebagai ( Kepala Petugas PVMPG Desa Mangaran ) menjelaskan, ”Sampai tgl 29 Juli 2022 ini gunung Raung masih ditingkat level II,” ucapnya.

Dandim 0825/Banyuwangi meminta masyarakat Banyuwangi agar tetap tenang dan waspada dan jangan panik. Dandim 0825 juga memerintahkan Koramil Songgon berainergi dengan Camat Songgon dan Polsek Songgon serta para Kades sekitar Gn Raung utk mensosialisasikan kembali tentang level status Gunung raung serta jalur-jalur evakuasi yg sudah ada, sebagai antisipasi bila ada peningkatan aktivitas gunung Raung ke level III (Siaga) maupun level IV (Awas).

“Lebih lanjut, apabila terjadi hal-hal darurat, saya akan kerahkan persone Kodim/ 0825 Banyuwangi dan bersinergi dengan berbagai polihal terkait untuk melakukan evakuasi di sekitar Gunung Raung untuk mengantisipasi kejadian yang tidak di inginkan,” terangnya.

(Team JPN bwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *