Himbauan Polisi Desa Jelang Pilkades Di Desa Sono.

Amanatun Utara, jurnalpolisi.id

Pilkades serentak tinggal menghitung hari saja, tentunya tahapan demi tahapan sudah dilalui oleh pihak penyelenggara dan oleh para calon kades. Berbagai persiapan juga sudah dipersiapkan secara matang oleh panitia agar nantinya ketika hari H tidak ada permasalahan yang dapat menghambat proses jalannya pemilihan kepala desa, baik secara administrasi maupun secara teknis, dan diharapkan semua pihak yang terlibat dapat bekerja secara maksimal dan bekerjasama dengan semua lini sehingga dapat terlaksana pilkades yang aman dan lancar.

Desa Sono, merupakan salah satu desa di Kecamatan Amanatun Utara yang pada 25 Juli 2022 menggelar pesta demokrasi yaitu pilkades dengan calon kades yang akan bertarung untuk nantinya memimpin dan membawa desa Sono lebih maju. Dari 5 Calon ini, salah satu diantaranya adalah perempuan yang berprofesi sebagai pendidik dan kali ini ia turut mengambil bagian dalam perhelatan pilkades Sono. Tim sukses dari ke 5 Calon ini sudah bergerak guna mencari simpatisan warga, tentunya dengan cara yang berbeda beda namun masih dalam 1 visi dan misi yang sama.

Kamis 09 Juni 2022 , dilaksanakan Tahapan Pilkades yaitu Kampanye. Polisi Desa Bripka Yohanis Y Bani turut memantau giat tersebut sebagai bentuk perhatian serta pengawasan terhadap pelaksanaan pilkades di desa Sono.

Pelaksanaan kampanye ini dikemas dengan cara penyampaian visi misi dari masing masing Calon, hal ini dirasa lebih efektif untuk mencari simpati dari warga daripada kampanye dengan cara door to door, karena dengan penyampaian visi dan misi ini masyarakat lebih tau dan dapat menilai mana calon kades yang mempunyai gagasan terbaik untuk membawa warga Sono lebih sejahtera kedepannya, dan dari masing masing calon kades tidak ada rasa saling mencurigai dalam pelaksanaan kampanye monologis ini.

Polisi Desa Bripka Yohanis Y. Bani dalam kesempatan pertama memberikan sambutan, menyampaikan kepada para calon kades beserta tim sukses agar dapat bersaing dalam kompetisi ini menggunakan cara dan akal yang sehat. “Saya akan menugaskan anggota untuk menjadi Pamkat bagi masing-masing calon mulai hari ini sampai tahap pemungutan suara” (kata Polisi Desa). Ia juga meminta kepada panitia agar mengantisipasi adanya botoh atau penjudi yang berasal dari luar, yang mana para botoh botoh itu nantinya dapat mengganggu jalannya pungutan suara.

“H – 1 agar panitia berkoordinasi dengan pemuda desa serta tokoh masyarakat untuk menjaga akses jalan masuk ke desa Sono agar tidak ada orang luar yang masuk dengan tujuan kepentingan pribadi” jelas Bripka Yohanis Bani.

Ia juga menjelaskan tentang ploting anggota yang akan melaksanakan pengamanan jalannya Pilkades, “nanti di balai desa akan kami tempatkan Personel Polri bersama Personel TNI, dan Linmas” terangnya.

Diakhir acara Kampanye, Bripka Yohanis Bani melaksanakan deklarasi damai bagi para calon kades dan tim sukses, inti dari deklarasi damai ini adalah untuk saling menerima dan mendukung siapapun nantinya yang akan menang harus didukung dan yang kalah siap untuk menerima kekalahan dengan legowo (Siap Menang dan Siap Kalah).

Kapolsek Amanatun Utara Iptu Djemi Soleman berpesan, “Setelah pilkades ini selesai dilaksanakan dan sudah ada pemenangnya, jangan sampai ada permusuhan antar tim sukses dan pendukung, mari bersama sama membangun desa Sono untuk lebih maju lagi”. (Roy Saba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *