Lanal Dabo Singkep Kembali Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Singkep Pesisir

Dabo Singkep, jurnalpolisi.id

Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Lanal DBS) kembali laksanakan penanaman ribuan bibit Mangrove di Desa Sedamai, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga. Selasa (12/7/2022)

Penanaman bibit Mangrove kali ini merupakan pada tahap ke-3 Triwulan III Minggu kedua yaitu sebanyak 1.000 bibit.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Lanal DBS pada tahap I telah menanam 600 bibit Mangrove, kemudian tahap II sebanyak 2.500 bibit Mangrove. Total sampai pada saat ini berjumlah 4.000 bibit Mangrove.

Komandan Lanal Dabo Singkep (Danlanal DBS) Letkol Laut (P) Faruq Dedy Subiantoro mengatakan, “Penanaman bibit Mangrove ini merupakan rangkaian jelang hari Mangrove Sedunia”, ungkapnya.

Danlanal DBS juga menjelaskan, “Puncak kegiatannya adalah pada tanggal 26 Juli 2022 yaitu penanaman bibit Mangrove serentak di seluruh Indonesia oleh TNI AL”, jelasnya

Kegiatan tersebut melibatkan masyarakat Desa Sedamai, anggota Pramuka Saka Bahari Lanal Dabo Singkep

Lebih jauh Letkol Faruq menyampaikan, “Hutan Mangrove salah satu berfungsinya adalah mampu menahan air laut agar tidak mengikis tanah digaris pantai atau abrasi”, jelasnya.

“Selain itu juga untuk menyerap karbondioksida (CO2) dan menghasilkan Oksigen (O2) serta tempat hidup biota laut “, pungkas Danlanal DBS.

Hadir dalam kegiatan tersebut PgS. Paspotmar Lanal DBS Letda Laut (PM) Sunarto, Camat Singkep Pesisir Bpk. M. Sama, Spd., Kades Sedamai Bpk. Syarif, Perangkat Desa Sedamai, RT, RW dan Kepala Dusun Desa Sedamai.

(Sahril/Pen Lanal DBS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *