Perumahan Nerada Estate Lanjutkan Tradisi Pemotongan Hewan Kurban

Cipayung Tangerang Selatan, Banten – jurnalpolisi.id

Warga Perumahan Nerada Estate, kembali menggelar qurban setelah Shalat Idul Adha. Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di RPH (Rumah Potong Hewan) dan juga Taman Kurban Nerada Estate, RW. 10 Kelurahan Cipayung, Tangerang Selatan, Minggu (10/7/2022).

Acara penyembelihan hewan kurban di Nerada Estate merupakan tradisi yang terus dilakukan setiap tahunnya. Pengurus DKM, Remaja Masjid, Pengurus Lingkungan serta Pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna, berkolaborasi untuk melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Kegiatan ini, juga dihadiri oleh petugas Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) Tangsel, untuk memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat dan terbebas dari Penyakit mulut dan kuku (PMK) yang lagi marak.

Widi Saputra, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Khoiru Ummah (Masjid Komplek Nerada Estate), menerangkan, “Untuk pemotongan hewan kurban yang berupa sapi dilakukan di RPH, sedangkan kambing/domba dilakukan secara mandiri di dalam Komplek. Lebih lanjut, Widi, menuturkan “Kurban adalah salah satu ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kami pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), bersama Pengurus Lingkungan terus membantu, dan mempermudahkan warga yang menjadi Shohibul Qurban (Orang yang melakukan ibadah kurban) untuk menyembelih dan menyalurkan hewan kurbannya,” jelas Widi ditengah-tengah kesibukan.

Ketua Panitia Kurban Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1443 Hijriah, Devi Firmansyah melaporkan, ada 45 hewan kurban yang terkumpul (8 ekor sapi, dan 37 ekor kambing/domba). Devi menambahkan, “Selain beribadah, pelaksanaan Kurban di Komplek Perumahan Nerada Estate, merupakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat sekitar. Kami merangkul masyarakat sekitar untuk bersama-sama menyembelih hewan kurban, sehingga ajang ini diwarnai dengan silaturahim,” imbuhnya.

Ketua RW 10 Nerada Estate, Mulyadi Widodo menyatakan, adanya kurban di dalam komplek akan memudahkan warga dalam melaksanakan ibadah kurban. Kegiatan ini merupakan ajang silaturahim, karena para warga berkumpul dan menyaksikan prosesi penyembelihan hewan kurban. Mulyadi Widodo, yang juga Ketua Forum RT/RW Kelurahan Cipayung, melanjutkan, “Kami warga Nerada Estate, selalu mengusung slogan, ‘Tetanggaku Adalah Saudaraku’, selalu mengedepankan silaturahim dalam keberagaman. Selain hubungan vertikal dengan Sang Pencipta, kita juga harus memupuk hubungan horizontal baik dengan individu dan juga masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Salah seorang Shohibul Qurban, Febri Chad, mengungkapkan, “Dengan adanya kegiatan kurban di dalam komplek, kami dapat menyembelih hewan kurban sendiri, yang tentunya dipandu oleh juru sembelih yang memiliki sertifikat. Selain itu, momentum kurban pada Idul Adha menjadi sarana pendidikan untuk anak-anak kita,” jelasnya.

JPN (Bryan/MU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *