SMPN 1 Baturraden Gelar MPLS

Banyumas – jurnalpolisi.id

SMP Negeri 1 Baturraden menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Peserta Didik baru selama 3 hari Mulai Senin 11 Juli 2022 Hingga Rabu 13 Juli 2022. Kegiatan diikuti 288 Peserta Didk baru bertujuan untuk pengenalan lingkungan sekolah dan program-program, metode belajar, sarana prasarana, konsep pengenalan diri serta pembinaan awal terhadap kultur sekolah.

Kepala SMP Negeri 1 Baturraden Dra Arsiti, M.Pd mengatakan kegiatan belajar mengajar Tahun Pelajaran 2022/2023 di SMP Negeri 1 Baturraden dimulai pada hari Senin, tanggal 11 Juli 2022. Untuk hari pertama kelas 8 dan 9 sudah melakukan pembelajaran tatap muka. Sedangkan untuk kelas 7 melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama 3 (tiga) hari dimulai hari Senin- Rabu, tanggal 11–13 Juli 2022, pukul 07.30–13.00 WIB.

“Dalam rangka mengedepankan kemandirian serta pembentukan karakter Peserta Didik, dalam proses belajar, peserta didik tidak hanya dituntut untuk pintar tapi juga tumbuh mandiri dan memiliki karakter kuat. Kegiatan MPLS diisi dengan program edukatif yang berisi pengenalan ekosistem sekolah dan menghindari perploncoan,” katanya.

Arsiti menambahkan bahwa Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bertujuan untuk mengenali potensi diri peserta didik baru, membantu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi dan semangat belajar efektif bagi Peserta Didik baru, mengembangkan interaksi positif antara peserta didik dan warga sekolah lainnya serta menumbuhkan perilaku positif dalam diri Peserta Didik.

Peserta Didik baru diharapkan ikut menyukseskan literasi religi dan akademik dengan tujuan meningkatkan minat baca sesuai visi sekolah. Pada kegiatan ini pihak sekolah bekerja sama dengan berbagai pihak antara lain adalah Koramil dan Polsek Baturraden.

Tiga Anggota Koramil Baturraden yang dikoordinasi oleh Serma Saeful Rohman membekali peserta didik baru tentang peraturan baris berbaris. Kegiatan tersebut merupakan salah satu materi Dasar Pendidikan Karakter dan kedisiplinan.

“Dengan adanya kegiatan MPLS seperti saat ini maka Peserta Didik akan lebih memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana cara berinteraksi dengan lingkungan sekolah, dengan kawan dan juga dengan Guru,” pungkasnya.

(Arif JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *