H.Wagianto,M.pd.Laksanakan Reses Akhir Tahun 2022 Yang Ke-IV

Banyuwangi  –  jurnalpolisi.id

Indonesia merupakan negara yang berdemokrasi,di mana negara menjamin rakyat dapat mengemukakan pendapat maupun aspirasinya. Namun terkadang penyampaian aspirasi ini masih terbatas.maka dari itu DPRD sebagai lembaga perwakilan di daerah dituntut menjalankan fungsi mengartikulasikan aspirasi rakyat dalam kegiatan yang disebut reses.

reses merupakan masa bagi Anggota Dewan bekerja atau bertugas di luar gedung DPR guna menjumpai konstituen di daerah pemilihan ( Dapil) masing-masing.kegiatan ini sekaligus sering di maknai dengan pengertian sederhana oleh warga sebagai kegiatan Silahturahmi Wakil Rakyat.namun sebenarnya pelaksanaan ini merupakan tugas Anggota Dewan dalam menjaring,menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan atau di kenal dengan sebutan kunjungan kerja.

Seperti hal nya yang di lakukan oleh H.Wagianto,M.pd. Anggota DPRD Banyuwangi yang melaksanakan kegiatan Reses-IV akhir tahun 2022,di Dusun Bangunrejo,Rt.004/Rw.002,Desa Alasmalang,Kecamatan Singojuruh.pada Selasa,(18/10/2022).sekitar pukul 13.45.WIB.

H.Wagianto,M.pd. selaku Anggota DPRD Banyuwangi dari Fraksi-PDIP yang bertugas di Dapil 2,meliputi Kecamatan Singojuruh,Rogojampi,Kabat,Songgon Blimbingsari dalam melaksanakan tugas tersebut sangat bersemangat dengan di iringi sambutan pembuka gamelan khas Banyuwangi.

Metode yang digunakan dalam reses biasanya menggunakan penelitian metode deskriptif.teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi langsung, Analisa data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi ini sudah melaksanakan fungsi reses dengan baik sesuai jadwal yang telah ditentukan di daerah pemilihannya masing-masing. Masyarakat mengikuti kegiatan reses secara antusias dengan tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat.

Tentu tujuan masyarakat hadir dalam kegiatan reses tersebut cukup beragam.tersirat sebuah harapan bahwa aspirasi mereka dapat ditampung oleh anggota DPRD dan kemudian disampaikan kepada pihak yang berkepentingan membuat kebijakan. Sehingga kegiatan reses ini tidak hanya bersifat politis saja mengingat anggota DPRD bertemu konstituennya, tetapi lebih kepada bagaimana jaring aspirasi dapat diartikulasikan.

Dalam Reses ke-IV ini H.Wagianto,M.pd. memberikan wejangan kepada hadirin dengan pekikan merdeka. lebih lanjut dia mengingatkan tentang pentingnya Konsolidasi dalam menjaring dan menyerap aspirasi rakyat yang harus di suarakan dan di perjuangkan.

 

(Tim Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *