DPD Golkar Riau Laksanakan Orientasi dan Pembekalan Bagi Caleg 2024

Pekanbaru , jurnalpolisi.id

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Riau melaksanakan kegiatan Orientasi dan pembekalan bagi Calon Legislatif (Caleg) dan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ditingkat provinsi dan kabupaten/kota. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Arya Duta, sejak tanggal 4-6 Juli 2023.

Ketua Penyelenggara kegiatan, Ihsan mengatakan, kegiatan orientasi dan pembekalan akan dihadiri oleh Wakil Ketua Umum DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Kepala Badan Saksi Nasional (BSN) Partai Golkar Syahmud Basri Ngabalin, Korwil Golkar, Gubernur Riau Syamsuar, Caleg DPR RI dan para undangan.

“Jumlah peserta yaitu sekitar 560 orang. Peserta terdiri dari Caleg dan Bacaleg tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Semua peserta diwajibkan hadir mengikuti acara ini,” kata Ihsan didampingi Ketua Panitia kegiatan Gumpita, di kantor DPD Golkar, Jalan Utama, Hang Tuah Pekanbaru, Senin (3/7/2023).

Ihsan menjelaskan, kegiatan orientasi dan pembekalan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Caleg agar mampu memenangkan Pemilu 2024. Dalam pembekalan, para Caleg akan dijelaskan strategi – strategi jitu untuk mendapatkan suara terbanyak disetiap Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing.

Target yang harus dicapai untuk Caleg tingkat DPRD Provinsi yaitu 15 kursi dari 8 Dapil di Provinsi Riau. Sementara saat ini jumlah kursi yang ada yakni 11 kursi. Intinya, Caleg yang ikut Pemilu terdiri dari figur terbaik di daerahnya.

Sementara ketika ditanya terkait pencalonan Syamsuar maju jadi Caleg DPR RI, Ihsan menjawab, bahwa sampai saat ini Syamsuar belum ada mencalonkan menjadi Caleg. Namun sekarang status Caleg baru tahap Daftar Calon Sementara. Sedangkan Daftar Daftar Calon Tetap (DCT) akan diumumkan bulan September nanti.

“Jika Pak Syamsuar ingin jadi Caleg DPR RI, termasuk Pak HM Wardan ingin maju di DPRD Riau, maka akan ditetapkan bulan September nanti. Karena penetapan DCT masih ada waktu. Maka kita tunggu saja informasinya nanti,” jelas Ihsan.

Selain itu, pada kegiatan nanti, DPD Golkar juga akan merekomendasikan nama calon kepala daerah untuk Pemilu 2024 ke DPP. Jumlah calon yang direkomendasikan setiap daerah berjumlah 1-2 orang.

Ketika ditanya nama-nama calon kepala daerah yang direkomendasikan, Ihsan tidak mau menjawab. Namun calon tersebut adalah incumbent (Kepala daerah yang masih menjabat), Ketua DPC Golkar dan tokoh yang menjadi figur terbaik didaerah.

“Nanti DPP Golkar akan memutuskan calon kepala daerah yang kita rekomendasikan. Sementara calon kepala daerah yang kita rekomendasikan sudah melalui seleksi dan hasil survei tertinggi,” ujar Ihsan.

Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *