Polda Kepri Bersama Menjaga Keamanan Dan Demokrasi Selama Pemilu 2024

BATAM, jurnalpolisi.id

Dalam rangka persiapan pemilu tahun 2024, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., laksanakan kegiatan dialog dalam program Kepri gemilang sebagai narasumber di studio TVRI stasiun Kepri, Tanjungpinang. Selasa (5/9/2023).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala TVRI Kepri Bapak Drs. Donny Putra, Kasubbid Multimedia Bidhumas Polda Kepri AKBP Surya Iswandar, S.H., Kepala Sub Bagian Tata Usaha Ramli Kelwarany, S.M., Presenter TVRI Kepri Tanjung Pinang Asa Marsita, Kasihumas Polresta Tanjungpinang, PS. Paur 2 Subbid Mulmed Bidhumas Polda Kepri Ipda Ronald Hasudungan Simanjuntak, S.H., M.H., PS. Paur 2 Subbid Penmas Bidhumas Polda Kepri Ipda Mahardika Sidik, S.Kom, M.M., dan Personel Bidhumas Polda Kepri

Dalam kesempatan tersebut Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menjelaskan guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama Pemilihan Umum tahun 2024, Jajaran Polda Kepulauan Riau (Kepri) akan melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan kode sandi “MANTAP BRATA SELIGI 2023.” Operasi ini bertujuan untuk mengatasi potensi pelanggaran hukum dan tindak pidana yang dapat mengganggu ketentraman masyarakat. Adapun pendekatan yang akan digunakan melibatkan langkah-langkah pre-emptif, preventif, dan penindakan hukum, dengan dukungan dari kegiatan intelijen serta seluruh instansi terkait.

“Untuk saat ini, kondisi kamtibmas di wilayah Kepulauan Riau dikatakan cukup kondusif, dan belum ada indikasi adanya kelompok atau individu yang berpotensi mengganggu jalannya Pemilu demi kepentingan tertentu. Hal ini tentunya merupakan kabar baik yang menunjukkan stabilitas dan perdamaian dalam proses Pemilu. Masyarakat diminta untuk tetap menjaga situasi ini dengan berpartisipasi secara positif dalam Pemilu dan mendukung kerjasama antar berbagai pihak untuk mencapai Pemilu yang adil dan demokratis,” Ucap Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si.

Selanjutnya Polri dalam hal ini telah melakukan berbagai persiapan dan tindakan menjelang Pesta Demokrasi Pemilu. Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Polri dalam menyambut persiapan untuk Pemilu antara lain:

  1. Penyusunan Rencana Keamanan.
  2. Pelatihan Personel Polda Kepri.
  3. Pengawasan dan Intelijen.
  4. Kampanye Kesadaran Publik.
  5. Kerja Sama dengan Instansi Terkait.
  6. Pengawasan Media Sosial.
  7. Penyediaan Sistem Pengaduan Publik (Polri Super App).

Lebih lanjut Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menegaskan bahwa rencana operasi terkait persiapan Pemilu 2024 akan melibatkan berbagai satuan kerja, seperti Bareskrim, Baintelkam, Baharkam, Korbrimob, Slog, Divisi Humas Polri, Divisi TIK Polri, Divpropam Polri, Divhubinter Polri, Srena Polri, dan Itwasum Polri. Operasi ini akan dilaksanakan di seluruh jajaran, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga tingkat Polres di seluruh wilayah.

“Adapun langkah-langkah pre-emptif yang akan diambil oleh Polri, khususnya Polda Kepri, untuk mencegah gangguan kamtibmas menjelang Pemilu 2024 mencakup berbagai strategi dan tindakan, seperti peningkatan patroli dan pengawasan di wilayah-wilayah yang diidentifikasi sebagai rawan konflik, koordinasi dengan instansi terkait, sosialisasi kampanye damai, penegakan hukum, pemantauan aktivitas politik, dan lain sebagainya,” Tutur Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si.

“Dalam hal ini kembali saya menegaskan bahwa Polri menjunjung tinggi profesionalisme dan netralitas dalam menjaga keamanan selama proses pemilihan umum dan mencegah adanya gangguan kamtibmas yang dapat mengganggu proses demokrasi. Upaya untuk mencegah polarisasi selama Pemilu mencakup kampanye kesadaran publik, pelatihan kepolisian, pengawasan media sosial, penegakan hukum terhadap hasutan dan fitnah, monitoring aktivitas politik, kerjasama dengan instansi terkait, dialog antar masyarakat, dan edukasi pemilih. Semua langkah-langkah ini dirancang untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan Pemilu yang adil, bebas, dan damai,” Tegas Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si.

“Terakhir saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut turut menjaga jalannya proses pemilu yang akan diselenggarakan, aktif berpartisipasi dalam pemilu, Jangan terpancing oleh berita yang belum tentu kebenarannya, selalu lakukan saring sebelum sharing ketika ingin membagikan suatu berita atau informasi, hindari konflik dan provokasi yang dapat merusak persatuan dan keamanan, serta Jangan ragu untuk melaporkan segala aktivitas mencurigakan yang dapat mengancam Kamtibmas dalam proses tahapan pemilu,” Tutup Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si.

(Sahril JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *