Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., membuka secara langsung Gerakan Nasional Aksi Bergizi

Pesibar – jurnalpolisi.id

Tuntaskan Anemia, Minum Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri dalam mendukung percepatan penurunan stunting Tahun 2023, di halaman SMPN 2 Krui Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis (16/11/2023).

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati, A. Zulqoini Syarif, S.H, Plt. Sekda, Drs. Jon Edwar, M.Pd., Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar, Septi Istiqlal, Ketua DWP Pesibar, L. Liastuti Jon Edwar, S.Pd., M.M., Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), dr. Budi Wiyono, M.H., Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes), Irhamuddin, S.KM., M.M., mewakili Kepala Dinkes Pesibar, Tedi Zadmiko, S.KM., S.H., M.M., Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Agus Triyadi, S.IP., M.M., dan siswi SMPN 2 KRUI Pesibar.

Sekretaris Dinkes, Irhamuddin mewakili Kepala Dinkes Pesibar, Tedi Zadmiko, S.KM., S.H., M.M., dalam laporannya menyampaikan kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, serta sebagai salah satu upaya pencegahan dan percepatan penurunan stunting.

“Prevalensi anemia remaja putri di Indonesia pada hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018 tercatat sebesar 26,8 persen anak usia 5-14 tahun dan 32 persen pada anak usia 15-24 tahun. Sedangkan data triwulan ketiga Tahun 2023, anemia remaja di Pesibar sebesar 33,92 persen, capaian remaja putri yang mengkonsumsi TTD sebesar 33,17 persen. Sementara untuk sasaran kegiatan tersebut yaitu selurus siswi kelas 7 dan kelas 10 yang berjumlah 12.250 orang,” ungkap Irhamuddin.

Bupati Agus Istiqlal dalam sambutannya, mengatakan bahwa Pemkab Pesibar hingga saat ini masih memberikan perhatian serius ihwal stunting. “Stunting terjadi karena kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh kemiskinan dan pola asuh tidak tepat yang mengakibatkan kemampuan kognitif tidak berkembangan maksimal, mudah sakit, dan berdaya saing rendah, sehingga bisa terjebak dalam kemiskinan,” jelas Bupati* Zulfikar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *