“Jusuf Kalla” Ketua Umum PMI Tinjau Fasilitas dan Pelayanan PMI Kota Jambi

Jambi – jurnalpolisi.id

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) M Jusuf Kalla kunjungi Markas PMI Kota Jambi pada Sabtu 20 April 2024. Kunjungan ini untuk melihat fasilitas dan pelayanan di Unit Donor Darah atau UDD PMI Kota Jambi sekaligus markas tersebut.

Saat datang ke Markas PMI Kota Jambi, Jusuf Kalla didampingi oleh istri, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, DPR RI H Bakrie, Pengurus PMI Provinsi Jambi dan rombongan. Kedatangan tersebut juga disambut langsung oleh Pengurus PMI Kota Jambi dan UDD PMI Kota Jambi bersama para staf.

Di Markas PMI Kota Jambi, Jusuf Kalla berkeliling dari ruangan ke ruangan baik lokasi donor darah, pelayanan hingga laboratorium sekaligus ke ruang Pengurus PMI Kota Jambi. Dirinya juga berkomunikasi dengan beberapa pendonor darah.

Sekretaris PMI Kota Jambi AS Budianto mengatakan, kedatangan Ketua PMI pusat ke Kota Jambi ini untuk memastikan seberapa jauhnya pelayanan darah di UDD PMI Kota Jambi terhadap masyarakat.

“Beliau (Jusuf Kalla) sudah meninjau ke seluruh ruangan. Alhamdulillah Ketua cukup puas,” ujarnya.

Budianto menyampaikan bahwa, beberapa waktu lalu, Jusuf Kalla telah memberikan bantuan alat-alat kesehatan donor darah untuk UDD PMI Kota Jambi.

Alat-alat kesehatan itu baru dioperasikan pada Januari 2024 karena alat tersebut baru datang ke Jambi pada akhir tahun 2023 sejak pengajuan awal tahun tersebut.

“Jadi Ketua meninjau penggunaan alat bantuannya. Alhamdulillah Ketua melihat semua dan cukup puas,” sebutnya.

Dikesempatan tersebut, Budianto mengungkapkan pesan-pesan dari Jusuf Kalla untuk PMI Kota Jambi agar terus menggali potensi-potensi untuk memenuhi kebutuhan darah di Jambi.

“Kita juga melaporkan ke pak Jusuf Kalla bahwa kita masih kekurangan kebutuhan darah sebanyak 400 sampai 500 kantong darah per bulan. Saat ini UDD kita baru mampu memenuhi kebutuhan 24 Rumah Sakit di Kota Jambi dan sekitarnya dengan jumlah kantong darah 1.600-1.800 kantong. Sebab kebutuhan yang diperlukan sebanyak 2.400 sampai 2.600 kantong darah, ” jelasnya.

Dalam memenuhi kebutuhan darah di Jambi, PMI Kota Jambi terus membuat program-program terkait hal tersebut seperti mengadakan donor darah di instansi maupun kampus. Selain itu, program yang baru berjalan di tahun 2023 dalam memenuhi kebutuhan darah itu ialah Kampung Donor Darah.

Budianto menegaskan, kedatangan Jusuf Kalla ini dapat memacu PMI Kota Jambi untuk terus berkembang dan memotivasi kemajuan dalam memenuhi pelayanan darah di Provinsi Jambi.

“Kedatangan Ketua ini semoga memotivasi kita terus memperkuat dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk kemanusiaan. Tidak hanya soal darah, tetapi juga untuk penanggulangan bencana melalui program-program PMI,”pungkasnya. (Mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *