PESTA ADAT MAPPANRE RI TASI’E 2024

Tanah Bumbu – jurnalpolisi.id

Pesta Laut Mappanre ri tasi’e adalah agenda tahunan yang menjadi even primadona yang di miliki oleh masyarakat Tanah Bumbu.Khususnya Masyarakat Bugis Pagatan Kecamatan Kusan Hilir.

Sejarah Mappanre ri tasi’e ini adalah ritual masyarakt bugis yang telah tercatat sebagai budaya yang turun temurun sejak nenek moyang para nelayan-nelayan dimana even ini sebagai wujud rasa syukur mereka atas limpahan rejeki dan berkah yang diterima selama ini.

Pesta adat tahun ini,yang di gelar cukup meriah dan penuh khidmat.Meskipun pagelaran acara adat ini dilaksanakan dalam waktu yang lebih pendek dari agenda biasanya,namun nuansa sakral acara adat ini tetap terlaksana kuat.

Pesta adat Mappanre ri tasi’e tahun 2024 ini di gelar dengan penuh totalitas oleh Pemerintah setempat ,diprakarsai langsung oleh Bupati Tanah Bumbu H.Zairullah Azhar dan Bapak Sekretaeis Daerah Bapak Ambo Sakka beserta jajaran.Dan tidak terlepas dari kerja keras kepala Dinas terkait.Khususnya Dinas Pariwisata yg di nakhodai oleh Bapak H.Syamsuddin.

Dan jg dari hasil kerja dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bapak Akmalludin.Juga semua dinas dinas terkait sehingga even ini terlaksana dengan dinamika yg demikian apik dan tertata rapi indah dan ikonik.

Pemerintah setempat menghadirkan artis artis papan atas Ibukota yang tentu saja hal ini menjadi even yang sangat disambut meriah oleh warga Tanah Bumbu bahkan warga dari luar daerah.

Ikon yang selalu menjadi pamungkas tentang harafan untuk mengantarkan masyarakat pada hasil yang melimpah penuh berkah dan Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah.

Semoga perayaan pesta adat mappare ri tasi’e ini terus terjaga kelestariaanya.Terus terjaga maruahnya,terus terjaga kesakralannya.Dan Semoga even ini akan menjadikan Bumi Tanah Bumbu berkah dan menuju serambi madinah dengan hasil yang terus melimpah.(Farouk Jibril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *