Ratusan Warga Binaan Lapas Banyuwangi Tetap Khusyu Laksanakan Sholat Ied Meski Didalam Lapas

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Ratusan Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi melaksanakan Sholat Idul Fitri 1445H dari dalam tingginya tembok Lapas, Rabu (10/4). Meski begitu, suasana khusyu tetap terpancar dari setiap Warga Binaan.

Sholat Ied digelar di Lapangan Tenis Blok Timur Lapas Banyuwangi dan diikuti oleh seluruh Warga Binaan muslim, baik pria maupun wanita. Kepala Lapas dan Pejabat Struktural Lapas Banyuwangi juga turut hadir dalam pelaksanaan sholat ied yang digelar didalam Lapas tersebut.

Kepala Lapas Banyuwangi, Agus Wahono menyebut, meski sedang menjalani pidana, namun setiap Warga Binaan memiliki hak untuk melaksanakan ibadah. Karenanya, Lapas Banyuwangi memfasilitasi agar Warga Binaan dapat melaksanakan sholat ied.

“Ini (melaksanakan sholat ied) sudah menjadi hak mereka (Warga Binaan), oleh karena itu kami sediakan tempat dan sarana prasarana yang lain agar mereka dapat khusyu melaksanakan sholat ied,” ujarnya.

Agus mengingatkan kepada warga binaan agar dapat memaknai perayaan Hari Raya Idul Fitri untuk berbenah diri serta berperilaku baik selama menjalani pidana, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dan saling memafkan satu sama lain.

“Perilaku selama menjalani pidana juga menjadi salah satu penialain untuk dapat diusulkan memperoleh remisi atau pengurangan masa tahanan,” ungkapnya.

“Semoga kita tetap istiqomah menjalankan ibadah, memperbaiki diri dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” imbuhnya.

Pelaksanaan sholat ied itu juga mendatangkan Dr. Akmad Rudi M sebagai Imam Sholat sekaligus Khotib pemberi khotbah.

“Ramadhan telah kita lalui berpuasa sebulan penuh, dan ditutup dengan memberikan zakat fitrah serta melaksanakan sholat Idul Fitri secara seksama ditempat yang mulia ini,” sambut Rudi.

“Serangkain upaya meningkatkan keimanan kita tersebut adalah sebagai refleksi diri sehingga dapat menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi,” tambahnya.

“Oleh karenanya manfaatkan seluruh waktu yang ada untuk persiapan menyongsong masa depan yang cerah nan cemerlang suatu saat nanti,” tutupnya.

Boby Tri Setya & Putri Setya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *