Pejabat Bupati Malra Lepas 84 Peserta Praktik Mahasiswa Terapan Kebidanan

Malra – jurnalpolisi.id

Sebanyak 84 peserta praktik Mahasiswa Terapan Kebidanan kelas RPL dilepas Pejabat Bupati Maluku Tenggara, Drs. Jasmono M.Si, Jum’at (03/05/2024) di Aula Kantor Bupati, Jln. Abraham Kudubun Langgur – Debut.

Adapun Program Studi Sarjana Terapan merupakan tahapan dari Pendidikan Profesi Bidan, dengan tujuan mempersiapkan kelulusan serta menguasai kompetensi yang dipersyaratkan.

Sejalan dengan itu, visi Prodi menjadi pusat Pendidikan tenaga bidan yang professional, unggul dalam mengembangkan model praktik kebidanan continuum of care. Pemberdayaan perempuan yang berperspektif gender pada masyarakat perkotaan.

Sehingga pengelolaan proses belajar, serta teori dan praktik perlu lebih diorganisir terutama pencapaian kompetensi langsung pada klien melalui praktik klinik kebidanan.

Pj. Bupati Maluku Tenggara, Drs. Jasmono M.Si bahwa Neonatal Praktik Continuum of Care Maternal dilaksanakan dengan beban 3 SKS, diantaranya asuhan kebidanan pada ibu bersalin, masa nifas dan neonatus dan bayi baru lahir.

“Praktik asuhan kebidanan ini membekali mahasiswa agar dapat melakukan pengkajian
data subvektif dan obyektif, analisis data dan pelaksanaan (perencanaan dan implementasi),”sebut Jasmono.

Sehubungan dengan hal tersebut, dipandang perlu untuk memberikan pembekalan pada mahasiswa RPL Maluku Tenggara sebelum melaksanakan praktik continuum of care.

Pembekalan yang diberikan, tambahnya baik teori maupun praktik laboratorium diharapkan menjadi updating dan penguatan bagi mahasiswa, didalam meningkatkan pemberian asuhan kebidanan khususnya pada ibu dan anak.

Selain itu mahasiswa juga melaksanakan
kunjungan ke Rumah Sakit dan Tempat Praktik Mandiri Bidan (TPMB) untuk mendapatkan gambaran mengenai pelayanan
maternal dan neonatal.

Dijelaskan, kegiatan tersebut bertujuan memberikan pengalaman belajar pada mahasiswa dalam melaksanakan praktik Continuum of Care Maternal Neonatal.

Adapun hasil atau output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah bertambahnya pengalaman serta wawasan mahasiswa dalam pelayanan maternal neonatal.

Peserta praktik adalah mahasiswa Sarjana Terapan Kebidanan kelas RPL Maluku Tenggara, berjumlah 84 orang. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama mulai tanggal 6-24 Mei 2024.

Peserta gelombang | sebanyak 42 mahasiswa Tanggal 6-11 Mei 2024, dan peserta gelombang II sebanyak 42 mahasisws tanggal 13-18 Mei 2024. Kegiatan dilaksanakan di Kampus Jurusan Kebidanan Poltekkes. Kemenkes Makassar, Rumah Sakit UNHAS Makassar dan tempat Praktik Mandiri Bidan (TPMB)

Dan berdasarkan rilis yang diterima, anggaran biaya kegiatan berasal dari Pemerintah Daerah Maluku Tenggara DPA Dinas Kesehatan Tahun 2024, Partisipasi Mahasiswa dan DIPA
Poltekkes Kemenkes Makassar Tahun 2024.

Publish by (Melky_JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *