Pemkab Humbahas-USU Diskusi Kerja Sama Tridharma Perguruan Tinggi

Humbahas – jurnalpolisi.id

Pemerintah Kabupaten Humbahas dengan USU (Universitas Sumatera Utara) diskusi terkait penawawan kerja sama Tridharma Perguruan Tinggi melalui zoom dari Kantor Bappedalitbangda Humbahas, Rabu, 8/5/2024.

Hadir dalam zoom itu, Kepala Bappelitbangda Pahala Lumbangaol, Kadis PKP Anggiat Simanullang, Kadis Kominfo Batara Franz Siregar, Kabag Tata Pemerintahan Budi Simamora dan perwakilan dinas terkait. Sedangkan dari USU, hadir Ketua Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Dr Wahyuni Zahrah, Guru Besar Arsitektur USU Prof Nurlisa Ginting, Dr Achmad Delianur Nasution termasuk Dr Anthoni Veery Mardianta.

Pahala Lumbangaol mengatakan terkait adanya penawaran dari USU terkait kerja sama Tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta konsultasi penataan ruang dan arsitektur, Pemkab Humbahas sangat menyambut baik. Sebelumnya, Pemkab Humbahas dengan USU sudah ada menjalin kerja sama namun jangka waktunya sudah lewat, sehingga perlu diperpanjang lagi.

Dijelaskan lagi, selain pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat juga sangat penting dilakukan kerja sama di bidang kepariwisataan. Mengingat Kabupaten Humbang Hasundutan banyak potensi pariwisatanya. Salah satunya Danau Toba yang merupakan destinasi wisata yang memadukan antara keindahan alam serta keunikan tradisi budaya. Danau Toba masuk sebagai satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP) oleh Kemenparekraf. Termasuk pengembangan wisata alam Seribu Gua Banuarea Pakkat.

Dr Wahyuni Zahrah menjelaskan bahwa saat ini sudah ada program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). MBKM adalah program yang dicanangkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Jadi mahasiswa sudah belajar di luar kampus yang lebih dikenal dengan merdeka belajar.(As.JPN.Hh).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *