22 Hewan Kerbau Mati Mendadak Terjangkit Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) di Kecamatan Menggala Selatan

Tulang Bawang – jurnalpolisi.id

Sebanyak 22 kerbau di Kelurah Bujung Tenuk Kecamatan Menggala Selatan Kabupaten Tulang Bawang terpapar Penyakit Kuku dan Mulut (PMK). Pemilik sekaligus peternak kerbau, Epredi (49) mengatakan, hewan peliharaannya itu terjangkit (PMK) sudah 10 hari.

“Sekitar 10 hari kerbau saya terjangkit PMK awalnya yang terpapar 1 kerbau tapi lama kelamaan virus tersebut menyebar cepat hingga 22 kerbau milik saya terpapar semua,” kata Epredi saat ditemui dirumahnya, Rabu (3/8/2022).

“Sudah dua hari ini berturut 2 kerbau saya mati dan malam hari ini pun sudah ada yang gak bisa berdiri lagi kerbau saya, harapan saya sama pemerintah kusus nya pemerintah tulang bawang agar bisa segera cepat menanggani hal ini,” tampah nya.

Sementara di tempat terpisah Kabid dinas peternakan Nasib saat dikonfirmasi melalui via WhatsApp ia mengatakan untuk penyuntikan vasik PMK tidak bisa dilakukan kalau sudah terpapar virus, kalau disuntikan bisa mati hewan tersebut.

“Vaksin PMK tidak bisa di suntik untuk hewan yang sudah terjangkit PMK kalou di suntika hewan tersebut bisa mati sementara ini hanya bisa di suntikan dengan pemberia suntik vitamin, kalau untuk vitamin sekarang dinas pertenakan belum pengadaan ada Karena masih fokus untuk vaksin tersebut” ucapnya.

Lanjutnya “Penanganan sekarang hanya bis di berikan obat herbal,Tdi petugas saya sudah koordinasi dengan Rw Pendi.. Rencananya besok sore team dinas peternakan provinsi akan turun untuk mengambil sample buat dicek di laboratorium,” tutupnya.

(Tim JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *