Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi Mewaspadai Cuaca Ekstrim Bagi Petani Dalam Pengolahan Lahan Pertanian

Bukit Tinggi Sumbar – jurnalpolisi.id

Pemerintah kota Bukittinggi Sumatera Barat, melalui Dinas Pertanian dan Pangan mewaspadai rusaknya lahan pertanian dikarenakan cuaca ekstrim saat ini.

“Alhamdulillah sampai saat ini belum ada dampak luar biasa yang terjadi terhadap sektor pertanian karena cuaca ekstrim dan kami melalui melakukan penyuluhan terhadap pendamping kepada petani sebagai langkah antisipasi,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Melwizardi, Jum’at (12/5/2023).

Melwizadi menambahkan, secara berkala DPP melakukan pengawasan dan pendampingan terhadap kelompok tani hingga antisipasi resiko rusak nya lahan pertanian bisa di minimalisir akibat cuaca ekstrim.

” Kami sudah melakukan penjadwalan tanamam hingga komoditas tanam yang akan ditanam supaya mengurangi potensi lahan rusak hingga gagal panen bisa ditekan,” ujarnya.

” Dengan misi ke tujuh wako Erman Safar yaitu hebat dalam sektor pertanian menjadikan landasan DPP untuk berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi petani jangan sampai mereka rugi termasuk dengan adanya cuaca ekstrim hingga merusak lahan pertanian yang digarap,” ungkapnya.

“DPP juga sudah memberikan sosialisasi ke petani bagaimana gambaran prospek iklim ditahun 2023 dalam memulai produksi pangan tinjauan outlook iklim global yang telah disiarkan BMKG,” pungkas Melwizardi mengakhiri.#(Syafrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *