Prospek wisata pantai Berdampak bagi peningkatan ekonomi masyarakat di pulau Rupat

Bengkalis – jurnalpolisi.id

Salah satu program yang memungkinkan mampu meningkat kesejahteraan masyarakat di pedesaan yang memiliki prospek kedepan dapat dilakukan melalui pembentukan kube sebagai kegiatan usaha kelompok besama yang bersifat produktif dan menghasilkan tambahan pendapatan keluarga.

Pembentukan kelompok usaha bersama menjadi menarik bilamana kreativitas dan inovasi bersama melalui kesepakatan bersama dalam berbagai aspek usaha yang akan di lakukan nantinya.

Menumbuh kembangkan suatu keinginan untuk memulai secara bersama akan dapat ditindak lanjuti melalui peran Pemerintah desa memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat melalui berkolaborasi dengan berbagai pihak yang terkait dalam upaya meningkatkan sosial ekonomi masyarakat, misalnya di pulau rupat dengan prospek potensi wisata pantai yang cukup terkenal seperti Pantai Ketapang,Pantai Makeruh,Pantai Lepin akan dapat menjadi peluang dalam segmentasi pasar usaha kelompok bersama,misalnya membuat souvenir dan kerajinan lainnya yang memungkinkan dapat menjadi buah tangan nantinya bagi wisatawan yang berkunjung di Pantai Rupat.

Potensi pulau Rupat yang bukan saja wisata pantainya, namun selama ini banyak juga dilakukan ivent budaya tahunan yang telah diagendakan pemerintah baik Kabupaten Bengkalis dan Propinsi Riau.

Berbagai bentuk kerajinan yang dapat diusahakan secara berkelompok atau usaha bersama dengan memanfaatkan bahan baku yang banyak di pulau rupat antara lain membuat kerajinan Tikar Pandan, dan produk lainnya seperti membuat Topi Pandan yang rasanya dapat diminati pengunjung dipantai nantinya dengan harga yang terjangkau.penulis DRS sofyan. Dosen tetap STIE mahaputra Riau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *