Perayaan HUT SPI: Pelantikan DPD dan Pengukuhan LBHR-SPI Berlangsung Meriah di Pekanbaru, Riau

Pekanbaru, Riau – jurnalpolisi.id

Perayaan Hari Ulang Tahun ke-3 (tiga) Solidaritas Pers Indonesia (SPI) diwarnai dengan pelantikan empat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) serta pengukuhan Lembaga Bantuan Hukum Rakyat Solid Pers Indonesia (LBHR-SPI). Acara yang dihadiri oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dipimpin oleh Ketua Umum Suriani Siboro, SH., dan sejumlah pejabat tinggi dari Riau berlangsung meriah di Amera Hotel pada Rabu, 31/01/2024.

Dalam acara tersebut, empat DPD SPI yang dilantik secara bersamaan antara lain DPD SPI Kabupaten Kuantan Singingi, DPD SPI Kota Dumai, DPD SPI Kabupaten Siak, dan DPD SPI Kabupaten Rohil. Sebelum dilantik, Ketua Umum SPI Suriani Siboro berbagi sejarah singkat tentang berdirinya SPI, yang berasal dari upaya menanggapi dikriminalisasi media.

Suriani Siboro juga menceritakan perjuangannya dalam mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Dewan Pers pada tahun 2017. Meski dihadapkan dengan berbagai tantangan, termasuk biaya yang besar, Suriani berhasil lulus UKW, memperoleh sertifikasi yang diakui oleh Dewan Pers.

Namun, dalam percakapan terbaru dengan Dewan Pers, Suriani menerima kabar bahwa KTA UKW-nya akan dicabut karena keanggotaannya di SPI. Suriani menegaskan bahwa tindakan ini merupakan bentuk diskriminasi terhadap wartawan.

Selain itu, dalam acara tersebut, para anggota DPD yang baru dilantik menyatakan kesiapan mereka untuk mematuhi AD/ART SPI dan mengembangkan organisasi tersebut di daerah masing-masing.

Para anggota Dewan Pers juga mengajukan permintaan kepada induk organisasi pers untuk membuka draf peraturan presiden (perpres) mengenai kerja sama platform global dengan media daring nasional, yang dikenal sebagai perpres media sustainability. Presiden Joko Widodo juga telah meminta agar draf ini selesai dalam waktu sebulan.

Wawan Syahputra, pemegang sertifikat utama dari Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) Pers Indonesia, menyampaikan apresiasinya terhadap DPP SPI atas pelantikan DPD yang dilakukan secara bersamaan, sembari menegaskan pentingnya persatuan dalam keragaman.

Acara kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama dan makan bersama.

Sumber: SPI Pusat – Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *