Trauble Engine KM. Sanus 39 Putar Balik, Nahkoda Bilang Begini

Kota Tual – jurnalpolisi.id

Kapal angkutan penumpang KM. Sabuk Nusantara (Sanus) 39 terpaksa putar balik setelah salah satu mesin pompa pendingin air laut M/E kanan mengalami kerusakan.

“Yah saya terpaksa putar balik karna mesin pompa air sebelah kanan alami kerusakan,”sebut Nahkoda Kapal KM. Sabuk Nusantara 39, Sofyan Abd Azis saat dikonfirmasi di anjungan kapal, Minggu (05/05/2024).

Dikatakan bahwa tindakan yang diambilnya itu semata – mata untuk keselamatan penumpang, faktor lainya karna tinggi gelombang.

Azis bilang rute pelayaran kapal saat itu menuju ke – Kecamatan Molu Maru (Molu), Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). Namun tak disangka terjadi trauble pada mesin pompa sehingga harus putar balik ke pelabuhan Yosudarso Kota Tual.

Sementara itu kapal yang diageni PT. Kawan Bersama Logistik, sejak ditenderkan sudah lima kali melayani rute tersebut, yang mana pada rute B ke Kepulauan Tanimbar dan rute A melayani pelayaran dari dan ke Kabupaten Kepulauan Aru (KKA)

Berikut kronologis kejadian kapal mengalami trauble engine. Pada tanggal ’03 Mey 2024 pukul 19:12 WIT, KM. Sabuk Nusantara 39 bertolak dari pelabuhan Tual tujuan Molu, dan pada jam 23:10 WIT kapal mengalami trauble engine, akan tetapi kapal masih melanjutkan pelayaran menggunakan satu mesin.

Namun pada pukul 23:29 WIT melintang pulau Ur dengan titik koordinat 05° 48′ 130″S / 132° 25′ 023 E kemudian mencoba memperbaiki oleh ABK kapal, tetapi kerusakan yang ditimbulkan terbilang sulit dan atas informasi yang diberikan Kepala Kamar Mesin (KKM) kepada Nahkoda, bahwa mesin induk tidak dapat diperbaiki.

Dengan alasan itulah selaku Nahkoda langsung memerintahkan juru mudi agar kapal putar balik ke Tual untuk dilakukan perbaikan. Dan tidak melanjutkan pelayaran ke desa Molu.

Setibanya di pelabuhan Tual, tanggal ’04 Mey 2024 kapal langsung disandarkan ke dermaga, tepatnya pukul 05:08 WIT, serta tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, dan semua penumpang yang telah membayarkan tiket dikembalikan.

Saat ini sebagai informasi KM Sanus 39 masih menunggu kedatangan Spare Part dari Surabaya untuk melanjutkan pekerjaan perbaikan trauble mesin. Dan Azis kembali katakan nantinya ada kapal pengganti yang disiapkan untuk melayani rute pelayaran (B).

Publish by (Melky_JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *