Wakapolres Kuansing Hadiri Upacara Hari Pendidikan Nasional 2024, Bertemakan Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar

KUANTAN SINGINGI – jurnalpolisi.id

Kapolres Kuansing diwakili oleh Wakapolres Kuansing Kompol Robet Arizal, S.Sos, menghadiri Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 di Lapangan Limuno Taluk Kuantan Kelurahan Pasar Taluk Kecamatan Kuantan Tengah, Dengan tema yang menginspirasi, “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar,” Kamis (2/5/2024) pukul 08.00 WIB.

Upacara dihadiri oleh berbagai tokoh dan pejabat penting, termasuk Irup Bupati Kuansing yang diwakili oleh Pj. Sekda Kabupaten Kuansing, dr. Fahriansyah, Sp.OG, hadir pula Dan Up Marwan, S.Pd, serta Pa Up Plt. Kadisdik Kuansing, Herizon, S.Pd.Sd.

Tidak hanya pejabat pemerintah, namun juga unsur lain seperti Kapolres Kuansing yang diwakili oleh Wakapolres Kuansing Kompol Robet Arizal, S.Sos dan Dandim 0302 Inhu Kuansing yang diwakili oleh Pabung Inhu-Kuansing Kapten Legimin. Para tokoh keagamaan, perwakilan organisasi masyarakat, pasukan upacara yang terdiri dari berbagai elemen, mulai dari TNI-Polri, Satpol PP, hingga siswa-siswi SD, SMP dan SMA.

Adapun amanat oleh Inspektur Upacara (Membacakan pidato Menteri Pendidikan), Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yg Maha Esa atas kesempatan hari ini kita dapat melaksanakan upacara ini. Selama hampir 5 tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, dimana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka. Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar harus dilanjutkan.

Rangkaian acara dilaksanakan dengan tertib, dimulai dari memasuki lapangan upacara hingga pembacaan amanat Inspektur Upacara yang memaparkan pentingnya Merdeka Belajar dalam mewujudkan cita-cita pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Pembacaan doa dan penghormatan umum menjadi penutup yang khidmat.

“Upacara ini menegaskan komitmen Kabupaten Kuansing dalam mendukung dan meningkatkan kualitas pendidikan,” pungkas Wakapolres Kompol Robet.
Sumber. WakaPolres Kuansing
Editor . Tina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *