Barisan Jawara Tangerang (BJT) adakan Halal Bi Halal dan Santunan untuk Menyatukan Potensi Betawi

KOTA TANGERANG – jurnalpoisi.id

Ketua RW 09 Hariyadi (AMY) yang membawahi Pembinaan Seni Budaya Betawi, adakan acara Halal Bi Halal Iedul Fitri 1443 Hijriyah tahun 2022 yang diadakan oleh Kelompok Seni Budaya Betawi, Keluarga Besar Barisan Jawara Tangerang (BJT) , acara berlokasi dijalan Karyawan 3 RT 03/09 Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten.

Halal bihalal yang merupakan budaya asli Indonesia tak hanya sekadar silaturahim dan saling memaafkan. “Paradigma halal bihalal, khususnya dalam rangka Iedul Fitri 1443 Hijriyah perlu diperluas, tidak hanya sekadar untuk silaturahim dan bermaaf-maafan. Paradigma halal bi halal juga penting untuk menyatukan potensi kita masing-masing, potensi umat Islam khususnya warga betawi,” kata Ketua RW 09 Hariyadi yang membawahi Pembinaan Seni Budaya Betawi Kota Tangerang.

Ia mengatakan hal itu pada acara Halal Bi Halal dan Silaturahim Idul Fitri 1443 H yang diadakan oleh Kelompok Pembinaan Seni Budaya Islam, Seni Budaya Betawi Keluarga Besar Barisan Jawara Tangerang (BJT), Sabtu (21/5/2022).

Kegiatan yang diadakan pukul 20.30 – 22.30 malam, dihadiri Ketua Umum Barisan Jawara Tangerang (BJT) Aris Daming atau biasa di sapa Bang Jago, beserta anggota dan pengurus, tujuan dan harapan Keluarga Besar Barisan Jawara Tangerang (BJT) untuk tertib administrasi dan kepengurusan Keluarga Besar Barisan Jawara Tangerang (BJT), hal ini dilakukannya sebagai ajang silaturahim dan halal bi halal, kegiatan rutin setiap tahun, selalu dibarengi dengan kegiatan santunan pada anak yatim dilingkungan anggota Barisan Jawara Tangerang (BJT), Bang Jago mengharapkan kepada seluruh anggota BJT untuk lebih meningkatkan lagi kekompakan dan keguyuban antara para anggota jawara dan pengurus Keluarga Besar Barisan Jawara Tangerang (BJT).

Harapan bang Jago untuk kedepannya insyaallah keberadaan dan terbentuknya komunitas BJT dapat di terima, bermanfaat utk masyarakat dan lingkungan sekitar, serta mendapat bimbingan dan pembinaan langsung dari Pemerintah Kota Tangerang.

Halal bi halal yang dimoderatori Jahrudin ketua RT 03 itu dibuka dengan sambutan pembukaan. Selain mengucapkan Selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir batin kepada sesama pengurus Keluarga Besar Barisan Jawara Tangerang (BJT) dan anggota serta tamu undangan yang hadir.

“Kami sudah rindu pertemuan silaturahmi ini yang di hadiri para Jawara, kelompok seni budaya Betawi, kami kangen bisa berjumpa langsung,” kata wawan yang akrab dipanggil bang Dodo.

Ketua Umum BJT Aris Daming atau biasa di sapa Bang Jago mengemukakan, silaturahmi halal bihalal itu sangat luas. “silaturahmi halal bihalal itu dinamis dan mencakup semua aspek kehidupan umat,” ujarnya.

Ia menambahkan, silaturahmi halal bihalal itu menguatkan potensi umat maupun para anggota dalam sebuah lembaga, keluarga maupun komunitas khususnya kelompok seni budaya Betawi yaitu Keluarga Besar Barisan Jawara Tangerang.

“Silaturahmi halal bihalal adalah setiap orang punya kelebihan masing-masing. Di balik kekurangannya, setiap orang punya kelebihan. Silaturahmi halal bihalal adalah kita melihat setiap orang lebih dari sisi positifnya, kemudian kita mengimplementasikan dan menyatukan kelebihan masing-masing itu dalam lembaga, keluarga maupun komunitas kita,” papar Bang Aris Damin.

Dalam kesempatan tersebut, juga dibahas tentang rencana-rencana kegiatan seni budaya Betawi, Keluarga Besar Barisan Jawara Tangerang, di antaranya perkembangan penulisan buku Panduan Seni Budaya Betawi yang ditulis oleh Tim Keluarga Besar Barisan Jawara Tangerang (BJT) dan perkembangan proses produksi film Budaya Betawi yang merupakan kerja sama BJB dengan sebuah perusahaan film nasional.

(Ismail Marjuki JPN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *