KETUA KWARCAB GERAKAN PRAMUKA PESISIR BARAT LANTIK SAKA BAKTI HUSADA PERIODE 2019-2024

Pesisir Barat ,Lampung – jurnalpolisi.id
Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Septi Istiqlal, melantik Satuan Karya (Saka) Bakti Husada periode 2019-2024, di Pantai Labuhan Jukung Kecamatan Pesisir Tengah, Jumat (8/12/2023).

Tampak ikut hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Sekda Pesibar, Drs. Jon Edwar, M.Pd., Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Tedi Zadmiko, S.KM., S.H., M.M., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Edwin Kastolani Burtha, S.H., M.P., dan forkopimda Pesibar.

Dalam sambutannya Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pesibar, Septi Istiqlal mengatakan bahwa kesehatan merupakan hak fundamental setiap manusia. Karenanya, untuk mewujudkan hal tersebut merupakan tanggungjawab semua pihak. Dalam masyarakat terdapat berbagai potensi yang dapat mendukung keberhasilan program-program kesehatan. “Kelompok masyarakat yang paling potensial dalam pembangunan kesehatan adalah kelompok usia remaja, dengan kemampuannya menerima dan mengolah informasi dengan cepat dan tanggap, mudah mengembangkan keterampilan, serta dapat menggerakkan orang lain. Oleh karena itu pemerintah membidik Gerakan Pramuka,” ungkap Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pesibar, Septi Istiqlal.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pesibar, Septi Istiqlal menerangkan, pada 17 Juli 1985 pemerintah bersama Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka membentuk Saka Bakti Husada untuk mewujudkan kader pembangunan bidang kesehatan, yang dapat melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat dilingkungannya. “Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-21 pada 12 November 1985 di Magelang dijadikan momentum untuk meresmikan Saka Bakti Husada,” ungkap Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pesibar, Septi Istiqlal.

Lebih lanjut, diawal pembentukan Saka Bakti Husada terdapat lima Krida, yaitu Krida Bina Obat, Krida Pengendalian Penyakit, Krida Keluarga Sehat, Krida Bina Gizi, dan Krida Bina Lingkungan Sehat. “Dengan penambahan Krida Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadikannya genap enam krida yang terdapat 37 Syarat Kecakapan Khusus (SKK),” papar Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pesibar, Septi Istiqlal.

Diharapkan agar Saka Bakti Husada bisa memberikan andilnya dengan maksimal bersama pemerintah dalam upaya pembangunan kesehatan di Pesibar. “Selamat atas dilantiknya kepengurusan Saka Bakti Husada, semoga bisa menjadi pemicu semangat dalam memajukan Pesibar, khususnya dibidang kesehatan,” tukasnya.

Berikut susunan Mabisaka Bakti Husada Pesibar periode 2019-2024
Ketua: Kepala Dinkes
Wakil I: Sekretaris Dinkes
Sekretaris: Kabid. Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes
Wakil Sekretaris: Kabid. Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Dinkes. (Zulfikar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *