Sinergi Pemda dan TNI, Kodim 0315/Tanjungpinang Gelar Karya Bakti Pembersihan dan Penanaman Pohon

Tanjungpinang, jurnalpolisi.id

Komando Distrik Militer (Kodim) 0315/ Tanjungpinang laksanakan karya Bhakti di Kota Tanjungpinang, Bintan dan Lingga sebagai wilayah kerja Kodim 0315/Tanjungpinang, salah satunya di Kampung Sidomulyo Kelurahan Batu IX/ Kecamatan Tanjungpinang Timur, Sabtu (9/12/2023) Pagi.

Karya bakti ini dilaksanakan berdasarkan perintah Kepala staf angkatan darat yang dilaksanakan secara menyeluruh di Indonesia.

Diwilayah kota Tanjungpinang sendiri kampung Sidomulyo menjadi wilayah yang di pilih, karena wilayah tersebut menjadi langganan banjir saat musim hujan.

“Kita juga membawa alat berat, alat pemotong rumput untuk membuka saluran parit sehingga harapannya ketika hujan turun dengan intensitas tinggi nanti tidak terjadi banjir dan bisa teraliri dengan baik ketempatnya,” jelas Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P., M.I.P.

Selain daerah Sidomulyo, Dandim melanjutkan pihaknya juga menyasar lokasi pasar maupun tempat genangan dalam mencegah terjadinya wabah penyakit yang timbul dari genangan air tersebut.

“Hal ini kita lakukan bersama dengan bantuan Pemda setempat, instansi Polri, Damkar, dan semua pihak dalam membantu mengatasi masalah banjir dan mencegah wabah penyakit,” ujarnya.

Pada momentum itu, Dandim 0315 Tanjungpinang bersama Pj Walikota Tanjungpinang dan DLH Tanjungpinang sert masyarakat ikut serta pada penanaman pohon di lokasi yang sama.

“Penanaman pohon ini kita harapkan nantinya juga bisa mampu mencegah longsor dan bisa mengurangi emisi karbon.Kegiatan seperti ini terus keberlanjutan mengingat saat ini cuaca sudah masuk pada musim hujan,” terangnya

Sementara itu Pj Walikota Tanjungpinang Hasan, S.Sos menyampaikan apresiasinya kepada Kodim 0315 Tanjungpinang setinggi-tingginya karena inisiatif dari Dandim 0315/Tanjungpinang sendiri dalam mendukung program TNI maupun Pemerintah Daerah.

“Sebenarnya keterlibatan TNI dalam hal ini Kodim 0315/Tanjungpinang yang kita galakkan selama 2 bulan ini mereka sudah membantu kita,” ungkap Pj Walikota Tanjungpinang.

Hasan menambahkan dalam Karya Bakti inipun pihak TNI juga memfokuskan pembangunan sanitasi jambanisasi hasil kerjasama dengan Pemerintah daerah.

“Saya kira kerja kebersihan, penanganan banjir tidak bisa bekerja sendiri.Ini harus kolaborasi, TNI punya teknik dan strategi biasa di lapangan dan tahu kondisi rentan rawan banjir dalam setiap musim hujan,” terangnya.

Hasan berterimakasih kepada semua pihak termasuk TNI Polri, Organisasi kepemudaan hingga masyarakat telah andil dalam kegiatan gotong royong pada hari ini.

“Hari ini kita bangkitkan kesadaran masyarakat kerja kebersihan tidak bisa dilakukan sendiri tapi ini kerja bersama. Saya atas nama Pemerintah daerah ucapkan terimakasih kepada Bapak Dandim serta seluruh anggotanya yang luar biasa,” pungkasnya.

(Sahril JPN/Pendim 0315)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *