Makin Gagah, Polres Kebumen Miliki Gapura di Sisi Kanan-Kirinya, Berikut Filosofinya

Kebumen – jurnalpolisi.id

Polres Kebumen memiliki wajah baru. Di sisi kanan maupun kirinya telah dibangun gapura sebagai simbol pintu masuk Mapolres Kebumen.

Hari ini gapura tersebut telah diresmikan perbaikannya bersama Gedung Bhayangkari oleh Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin dan Ketua Bhayangkari Cabang Kebumen Ny Dyah Eka Burhannudin, Senin 3 Juli 2023.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti selepas upacara kenaikan pangkat dan wisuda purna bakti di halaman Mapolres.

Diungkapkan AKBP Burhanuddin, renovasi yang dilakukan diharapkan dapat semakin membuat nyaman pengunjung, serta para personel yang akan bertugas di Polres Kebumen.

“Semoga kita bisa semakin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelas AKBP Burhanuddin.

Setelah penandatanganan prasasti, kegiatan dilanjutkan meninjau bangunan gerbang serta Gedung Bhayangkari di sebelah utara Sat Intelkam.

Gapura dalam bahasa Arab disebut ghafara yang berarti mengampuni atau menutupi. Ini dapat pula diartikan bahwa orang-orang yang masuk melalui gapura telah mendapat keamanan dan perlindungan oleh negara yang diwakili Polres Kebumen.

Gapura bisa juga sebagai tanda atau pernyataan kehormatan bagi tamu yang datang. Tidak sebatas ditempatkan pada sebuah bangunan, gapura bisa pula menjadi pintu gerbang perbatasan suatu kota, benteng, keraton, dan sebagainya.

Pada situs Wikipedia mengartikan bahwa gapura adalah suatu struktur yang umumnya merupakan simbol pintu masuk ke suatu kawasan atau daerah. Gapura juga sering diartikan sebagai pintu gerbang.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *